5 Tips Mencegah Ponsel Panas Yang Wajib Anda Tahu

Bermain ponsel memang menjadi hal yang sangat menyenangkan. Ponsel sendiri menjadi media bermain yang sangat menyenangkan. Karena dengan menggunakan ponsel, Anda bisa bermain game online yang sangat seru yang tidak bisa dinikmati secara nyata. Bukan hanya itu saja, dengan menggunakan ponsel, Anda juga bisa melakukan browsing tugas, download video, download musik dan lain sebagainya. Sehingga tak salah apabila saat ini banyak anak yang lebih senang main ponsel dibandingkan bermain dengan temannya. Namun awas, apabila Anda terlalu lama bermain ponsel, bisa-bisa ponsel Anda panas dan meledak nantinya. Nah, bagi Anda yang ingin tahu tips mencegah ponsel panas. Berikut trik dan tipsnya.

Tips Mencegah Ponsel Panas Saat Pemakaian

Mengetahui tips agar ponsel tidak cepat panas memang sangat diperlukan oleh pengguna ponsel yang tidak bisa lepas dari ponsell. Apakah Anda tahu terkadang kenapa ponsel cepat panas diakibatkan oleh diri si pemakai sendiri. Kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh pengguna ponsel salah satunya adalah mencharger ponsel dalam waktu yang terlalu lama. Sehingga membuat ponsel mendapatkan sumber listrik yang berlebihan dan akhirnya membuat ponsel tadi panas. Apabila proses charger terlalu lama dan akhirnya mengakibatkan panas, baterai ponsel akan lebih boros saat Anda pakai nantinya. Karena kita tahu bahwa baterai yang panas akan mengganggu kinerja baterai tadi.

Baca Juga  Yuk Nostalgia Dengan 8 Ponsel Nokia Berdesain Unik Ini

Tips Mencegah Ponsel Panas

Apapun sumber masalah yang mengakibatkan ponsel menjadi panas, sebagai pengguna kita jangan terlalu menganggap remeh masalah tadi. Baterai hp yang mudah panas, baterai sering mengalami drop, baterai yang sangat boros saat penggunaan merupakan akibat apabila ponsel cepat panas. Dan, tentunya hal tersebut akan mengganggu Anda saat menggunakan ponsel tersebut. Nah, bagi Anda yang tidak peka akan masalah tersebut tentunya ponsel akan semakin cepat rusak. Bukan hanya itu saja, Anda juga dituntut harus tahu apa penyebab serta tips agar ponsel tidak panas lagi. Dengan dua hal tadi, Anda akan lebih bijak lagi dalam menggunakan ponsel.

Nah, bagi Anda yang penasaran apa saja tips yang membuat ponsel tidak apanas lagi. Berikut pembahasannya :

  1. Bersihkan secara rutin ponsel Anda, terutama pada bagian lubang kecil yang ada dalam covernya. Lubang ini sendiri digunakan untuk mengeluarkan suhu berlebihan saat Anda menggunakan ponsel. Selain itu, simpan dan letakkan ponsel pada tempat yang benar-benar bersih, hindari meletakkan ponsel di tas dan juga saku. Karena kedua tempat tadi memiliki instensitas debu yang berlebihan.
  2. Tips selanjutnya adalah dengan mengetahui berapa spesifikasi yang dimiliki HP Anda. Hal yang harus Anda perhatikan adalah ukuran RAM yang dimiliki. Dengan mengetahui kapasitas RAM tersebut, Anda perlu membatasi penggunaan ponsel. Pembatasan ini sendiri sangat berpengaruh pada ponsel. Karena apabila Anda menggunakan ponsel yang tidak sewajarnya, ponsel yang Anda miliki akan cepat panas.
  3. Gunakanlah baterai yang memiliki kualitas terbaik. Jangan menggunakan baterai tiruan dengan kualitas yang tidak terjamin. Apabila Anda tetap menggunakan baterai tersebut, bisa dipastikan hardware yang ada pada ponsel Anda tidak mampu bekerja secara stabil. Dan artinya akan menpercepat panas pada ponsel.
  4. Tips selanjutnya agar ponsel tidak cepat panas adalah mematikan ponsel apabila Anda memasuki daerah yang tidak ada sinyalnya. Ataupun Anda bisa menggunakan fitur modus pesawat agar ponsel tidak mencari sinyal.
  5. Jangan memakai ponsel di bawah teriknya matahari jarena mampu menyebabkan ponsel tersebut cepat panas. Bukan hanya itu saja, jangan menggunakan ponsel di tempat yang memiliki cuaca yang ekstream.
Baca Juga  Tips Agar Layar Smartphone Tidak Mudah Tergores
Artikel Terkait