Alasan Mengapa Banyak Orang Mudah Percaya Berita Hoax di Indonesia

Bagikan:Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on PinterestShare on Tumblr

Perkembangan teknologi yang pesat saat ini membuat semua orang dapat mengetahui suatu berita atau informasi dengan cepat melalui internet dan social media, berita tersebut dapat tersebar dengan cepat dari satu orang ke orang lain nya karena hampir semua orang saat ini memiliki akses ke internet melalui handphone, tablet atau komputer. Terkadang banyak berita atau informasi tersebut yang di pertanyakan kebenaran nya atau biasa disebut berita hoax, penyebaran berita hoax ini dapat merugikan banyak orang atau individu. Ada beberapa alasan mengapa banyak orang mudah percaya berita hoax ini,terutama di Indonesia, hal ini merupakan persoalan yang cukup serius karena banyak orang yang mudah percaya kepada berita – berita hoax ini tanpa mengetahui kebenaran berita tersebut dan dapat memicu keributan dan permusuhan yang tidak diinginkan.

mengapa banyak orang mudah percaya berita hoax

Inilah beberapa alasan mengapa banyak orang mudah percaya berita hoax di internet:

Ada beberapa faktor yang membuat banyak orang mudah percaya terhadap suatu berita atau informasi yang mereka dapatkan di internet, akses yang mudah ke dalam internet membuat berita – berita hoax ini dapat tersebar luas dengan cepat ke semua orang.

  1. Pengetahuan yang kurang baik

Seseorang yang punya minim pengetahuan tentang sesuatu akan lebih mudah percaya jika mendengar berita tentang sesuatu tersebut, kurang nya rasa ingin tahu membuat kita malas untuk kroscek atau memeriksa ulang kebenaran berita tersebut dan hal kecil tersebut dapat menyebabkan hal – hal yang tidak di inginkan, sebagai pengguna internet kita harus menjadi lebih cerdas dengan lebih banyak membaca atau pun mengecek kebenaran berita tersebut sebelum mempercayai berita tersebut sepenuh nya.

Baca Juga  Ini Dua Jenis Trik Penyadapan
  1. Lebih menarik

Berita hoax memang cenderung lebih menarik karena terdapat banyak kontroversi dan lebih unik, berita palsu selalu memiliki judul yang lebih menarik untuk menarik banyak perhatian orang. Lebih banyak orang di Indonesia yang tertarik dan penasaran dengan berita kontroversial.

  1. Berkaitan dengan sesuatu yang kita percaya atau sukai

Jika kita menerima atau membaca berita buruk tentang sesuatu yang kita percaya dan sukai maka kita akan terpancing untuk memberi respon terhadap berita tersebut dan langsung mempercayai nya, berita hoax biasa mengandung sara atau orang terkenal dan lebih mudah untuk memancing emosi seseorang. Di Indonesia isu – isu atau berita yang mengandung agama, ras dan suku sangat mudah tersebar dan memancing amarah banyak orang walaupun belum di ketahui kebenaran berita tersebut.

  1. Terlalu mempercayai satu sumber

Terkadang banyak orang terlalu percaya terhadap satu sumber tertentu dan mengabaikan sumber berita lain yang dianggap tidak sejalan atau berbeda dengan jalan pikiran mereka, hal ini lah yang membuat banyak berita hoax mudah tersebar dan mudah dipercayai banyak orang karena setiap sumber memiliki berita yang berbeda tergantung keberpihakan sumber tersebut.

Ini lah beberapa alasan menagapa banyak orang yang mudah percaya berita hoax. Penyebaran berita hoax biasa dilakukan di social media seperti facebook, line dan masih banyak lagi, banyak nya pengguna applikasi social media tersebut membuat berita tersebut dapat tersebar dengan mudah dan sumber berita hoax tersebut biasa nya dari blog – blog atau website yang kurang jelas atau tidak terkenal. Sebagai warga negara dan pengguna internet yang baik ada bagus nya untuk mecari kebenaran informasi tersebut sebelum memberi kesimpulan sendiri dan mempercayai nya.

Baca Juga  Solusi Bagaimana Cara Menyikapi Berita Hoax
Bagikan:Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on PinterestShare on Tumblr
Artikel Terkait