Apa Itu Layar OLED

Bagikan:Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on PinterestShare on Tumblr

Apa itu layar OLED? Jika Anda memiliki pertanyaan seperti itu. Artikel inilah jawabannya. OLED adalah jenis layar smartphone hasil perkembangan dari teknologi LCD. Setelah LCD digunakan selama 15 tahun, dalam 4 tahun ke depan, dominasi  Liquid Crystal Display (LCD) akan digantikan dengan Organic Light Emitting Diode (OLED).


Hal ini merupakan prediksi dari laporan yang dipaparkan oleh IHS Markit. Perusahaan riset teknologi itu memiliki pandangan bahwa dominasi LCD akan mulai tergantikan oleh teknologi OLED pada tahun 2020. Layar OLED, dengan teknologi backplane low-teperature polysilicon, akan menguasai sepertiga layar smartphone yang akan diluncurkan pada 2020. Perhitungan ini sama dengan pangsa pasar sekitar 36 persen. Angka ini akan menjadikan OLED sebagai teknologi layar  yang  banyak dipakai pada tahun itu, mengalahkan a-Si (amorphous silicon) thin-film transistor (TFT) LCD dan juga layar LTPS TFT LCD.

“OLED merupakan teknologi yang cukup atraktif untuk dapat digunakan pada smartphone. Meski dalam pembuatnya lebih sulit karena menggunakan material dan proses kimia yang lebih rumit,” ujar David Hsieh, senior director di IHS Markit.

David menambahkan, layar OLED tidak hanya lebih tipis dan ringan ketimbang LCD, tetapi juga memberikan performance warna gambar yang lebih baik. Bahkan, OLED memungkinkan vendor untuk dapat membuat desain smartphone yang lebih inovatif dan atraktif.

Di pasaran, Samsung telah mengadopsi teknologi OLED di beberapa smartphonenya. Vendor lain yang dikabarkan tertarik menggunakan teknologi ini adalah Huawei, Oppo, Vivo, Meizu, dan juga brand lainnya.

Baca Juga  Ini Dua Jenis Trik Penyadapan

Selain itu Apple juga dikabarkan akan menggunakan teknologi OLED dalam iPhone terbarunya. Jika Apple benar-benar mengadopsi OLED, ini akan menjadi sejarah besar bagi OLED di industri layar smartphone dunia. Demikian dikatakan Hsieh.

Melihat potensi yang menjanjikan dari OLED, vendor display seperti Samsung, LG, BOE, Tianma, GVO, Truly, JDI dan CSOT, langsung bergerak dan meningkatkan kapasitas pabrikan OLED mereka termasuk penambahan sumber daya manusia dan pengembangan teknologi tersebut.

Menurut Hsieh, kapasitas pabrikan OLED akan meningkat dari yang semula lima juta meter persegi di 2014, menjadi 30 juta meter persegi pada tahun 2020.

Apa Itu Layar OLED

“Banyak pabrikan layar yang berinvestasi pada LTPS LCD karena diprediksi akan mengambil alih kuasa teknologi a-Si. Namun beberapa pabrikan memutuskan untuk menundanya, termasuk pabrikan China, agar mereka bisa mengalihkan rencana semula ke teknologi OLED. Mereka mulai menyadari jika penetrasi yang dihasilkan oleh OLED semakin lama makin meningkat, dan lebih besar daripada yang diharapkan sebelumnya,” papar Hsieh.

Apa itu layar OLED? Layar OLED adalah perkembangan teknologi layar smartphone terbaru yang akan menggantikan layar LCD Anda. Layar OLED akan membuat tampilan layar smartphone Anda menjadi jauh lebih menarik dan aktraktif, dapat menghemat baterai ponsel Anda, dan mampu memberikan tampilan yang lebih jernih serta tajam. Smartphone yang menggunakan teknologi layar OLED kini sudah ada dipasaran. Tapi beberapa smartphone yang menggunakan teknologi itu masih dibandrol dengan harga yang cukup fantastis jika dibandingkan dengan smartphone yang masih menggunakan teknologi LCD. Beberapa contoh smartphone yang sudah menggunakan teknologi ini antara lain Nexus 6, LG G Flex 2, Nokia Lumia 930, Meizu MX5, dan beberapa jenis hp samsung lainnya. Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk menggunakan ponsel dengan teknologi layar OLED? Jika iya, selamat mencoba dan semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Baca Juga  Penggunaan Engsel Smartphone Layar Lipat
Bagikan:Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on PinterestShare on Tumblr
Artikel Terkait