Cara Facebook Atasi Berita Hoax

Bagikan:Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on PinterestShare on Tumblr

Cara Facebook Atasi Hoax – Dalam beberapa bulan terakhir ini, dunia media sosial digemparkan dengan serangkaian berita hoax yang secara masif muncul di facebook. Munculnya berita hoax atau news fake  tentu mengakibatkan pengguna sosial media dan rakyat Indonesia terpecah belah. Cyber war pun mulai meraja lela. Masing-masing pihak melakukan pembelaan atas apa yang mereka percayai dan mulai menyerang pihak yang berseberangan. Saling lapor dan saling tuduh menuduhpun terjadi. Hanya karena berita hoax, sudah berapa banyak kita lihat pihak-pihak yang melaporkan orang lain atas dasar pencemaran nama baik? Dan sudah berapa banyakkah pihak-pihak yang saling meng-unfriend akun temannya hanya karena termakan oleh berita hoax? Jika terus-terusan seperti ini, kehidupan kita menjadi tidak bukan?

Cara Facebook Atasi Hoax

Menjadi pengguna sosial media seperti Facebook memang memerlukan kedewasaan. Sayangnya tidak semua pengguna dewasa dalam menjadi user. Mari kita amati, berapa banyak akun di Facebook yang rela nama baiknya tercemar hanya karena menjadi sumber berita hoax?  Satu yang perlu Anda ketahui adalah, mereka penyebar berita hoax bukanlah orang rela secara gratis menyerahkan waktu dan harga dirinya untuk membela sesuatu yang salah. Mereka semua dibayar dengan harga yang mahal tiap bulannya. Siapa yang membayar?  Tentu saja mereka-mereka yang memiliki kepentingan untuk memecah belah Indonesia dan membuat rakyatnya tidak maju dan ketinggalan dengan negara-negara lain atau juga demi kepentingan politik tertentu.

Baca Juga  Ciri Ciri Berita Hoax

Meski berita hoax yang marak di Facebook mengkhawatirkan, kabar baiknya adalah  Facebook tengah berusaha mengendalikan peredaran berita atau informasi hoax yang ada di platformnya. Untuk mengatasi berita hoax tersebut, Facebook menangkalnya dengan melakukan sejumlah pembaruan di aplikasinya.

“Kami memiliki komitmen untuk melakukan bagian kami dan hari ini, kami ingin berbagi beberapa pembaruan yang tengah kami uji coba dan mulai diluncurkan,” tutur Vice President News Feed Facebook, Adam Mosseri dalam siaran pers conferencenya, Jumat, 16 Desember 2016.

Moserri menambahkan Facebook memiliki komitmen untuk memberikan kesempatan bagi tiap penggunanya dalam menyampaikan suara dan hal itu tidak lantas membuat Facebook membatasi ruang ekspresi bagi penggunanya. Maka boleh dibilang, media sosial terpopuler di dunia saat ini melakukan pendekatan yang sangat hati-hati dalam mengatasi masalah peredaran berita hoax.

“Kami telah memfokuskan usaha kami pada kemungkinan yang terburuk sekalipun dalam menghilangkan berita hoax yang disebarkan oleh pembuat berita palsu demi keuntungan mereka sendiri juga dalam berinteraksi dengan komunitas atau organisasi pihak ketiga,” tutur Moserri.

Moserri menjelaskan, Facebook tengah menguji beberapa cara untuk mempermudah pelaporan berita hoax yang dilihat penggunanya di news feed. Caranya, netizen dapat mengklik sudut kanan atas dalam sebuah postingan untuk melaporkan berita hoax tersebut yang kemudian  akan segera direspons oleh Facebook.

“Kami sangat bergantung pada Anda sebagai komunitas kami untuk membantu mengatasi permasalahan dengan memberikan pelaporan dan dengan cara ini Anda bisa membantu kami mendeteksi lebih banyak lagi berita palsu,” ucapnya.

Baca Juga  Teknologi: Alasan Layanan Transportasi Online Sangat Digemari

Cara Facebook atasi hoax adalah cara partisipasi. Facebook tidak dapat menghapus suatu berita hoax apabila tidak ada keterlibatan pengguna lain untuk memberikan pelaporan. Oleh sebab itu, jika Anda menemukan berita hoax di facebook, luangkan waktu Anda untuk melaporkannya. Dengan cara itu, Anda telah menjadi pelaku untuk memerangi berita hoax dan mencegah timbulnya perpecahan dalam masyarakat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Bagikan:Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on PinterestShare on Tumblr
Artikel Terkait