Cara Melacak Lokasi Orang Lain dengan Smartphone

Bagikan:Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on PinterestShare on Tumblr

Cara Melacak Lokasi Orang dengan Smartphone Di era teknologi seperti sekarang ini, kita bisa melakukan apa saja dengan mudah, salah satunya adalah melacak lokasi orang lain dengan menggunakan smartphone. Melacak lokasi orang lain sebenarnya adalah hal yang bisa memberi keuntungan tersendiri, jika dilakukan dengan seizin pihak yang bersangkutan. Namun akan menjadi ‘bahaya’ jika dilakukan tanpa izin. Salah-salah, Anda bisa dikira mata-mata atau mungkin penjahat. Keuntungan yang dapat dirasakan misalnya, saat Anda membekali anak Anda dengan smartphone kemudian Anda ingin mengetahui di mana posisi anak Anda, melacaknya dengan smartphone akan memudahkan Anda. Namun kebanyakan orang belum mengetahui bagaimana cara melacak lokasi orang lain dengan smartphone. Apakah Anda termasuk salah satunya? Jika iya, Anda perlu membaca artikel ini.

cara melacak lokasi orang dengan smartphone
Pentingnya Mengetahui Cara Melacak Lokasi Orang Lain dengan Smartphone

Penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana cara melacak lokasi orang lain dengan smartphone. Kenapa? Karena Anda hidup di era yang serba canggih, tentunya Anda harus up to date terhadap perkembangan teknologi agar bisa memanfaatkannya secara maksimal.

Lalu, bagaimana cara melacak lokasi orang lain dengan smartphone? Berikut ini adalah cara yang dapat dilakukan untuk melacak lokasi smartphone orang lain untuk platform iOS. Bagi Anda yang menggunakan iPhone dan iPad (iOS), Apple sudah menyediakan aplikasi yang dapat digunakan untuk membagi lokasi antarpengguna perangkat yang menjalankan iOS. Nama dari aplikasi ini adalah Find My Friends. Aplikasi ini hanya terdapat di iOS untuk menggunakannya Anda dapat mengunduhnya secara cuma-cuma.

Baca Juga  Tren Konsep Smartphone Tanpa Bezel Di Indonesia

Setelah aplikasi ini terunduh, cara menjalankannya cukup mudah. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengundang teman yang akan Anda ikuti. Bagaimana caranya? Cukup mudah! Pertama buka aplikasi Find My Friends, lalu pilih ‘Add’. Pilihan ini berada di pojok kanan atas.

Kemudian pilih nama-nama yang akan Anda ikuti, dan tambahkan dalam daftar. Setelah itu Anda sudah dapat saling berbagi lokasi dengan orang lain. Jika Anda ingin berbagi lokasi dengan orang yang berbeda, cukup pilih nama teman yang akan dituju, kemudian pilih pilihan ‘More’. Pilihan ini dapat Anda temukan di pojok kanan atas, terakhir pilih ‘Share My Location’.

Dengan aplikasi ini Anda juga bisa memilih durasi waktu untuk berbagi lokasi, misalnya dua jam, tiga jam, empat jam, atau tanpa batas waktu. Apabila Anda ingin menonaktifkan layanan berbagi lokasi, Anda cukup membuka pilihan ‘Me’ di layar kemudian menonaktifkan ‘Share My Location’.

Untuk platform Android, jangan khawatir, Anda tetap dapat menggunakan layanan ‘Find My Friends’ ini. Karena setiap android telah dibekali dengan fitur untuk melacak lokasi orang lain, hanya saja fitur ini memang tidak berdiri sendiri sebagai aplikasi, tetapi fitur ini tersedia pada layanan Google+. Jadi selama Anda memiliki akun sosial media itu, Anda tetap bisa melacak keberadaan teman yang ingin Anda ketahui.

Namun layanan ini memiliki beberapa perbedaan dengan Find My Friends, pada fitur ini penggunalah yang membagi lokasinya kepada orang lain. Untuk melakukannya, buka aplikasi aplikasi Google+ terlebih dahulu, selanjutnya klik ‘Menu’, kemudian ‘Locations’.

Baca Juga  Apa Itu Layar OLED

Setelah terlihat, buka ‘Location Setting’ dan ‘Location Sharing’. Aktifkan layanan itu terlebih dahulu, lalu di bawah pilihan ‘Pinpoint Location’, pilih ‘Choose People to Share With’ ; pilih orang yang akan Anda tuju untuk berbagi lokasi, kemudian pilih ‘Done’.

Nantinya, orang tersebut dapat melihat lokasi Anda dengan pasti. Apabila orang lain hendak membagi lokasi dengan Anda, cukup lakukan cara yang sama, namun ganti kontak orang yang akan dibagi. Selain aplikasi itu, ada beberapa aplikasi yang mempunyai fungsi serupa, aplikasi itu adalah Life360 dan Geozilla.

Nah, sudah paham bukan bagaimana cara melacak lokasi orang lain dengan smartphone? Selanjutnya, silakan Anda coba untuk merasakan manfaatnya. Selamat mencoba!

Bagikan:Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on PinterestShare on Tumblr
Artikel Terkait