Cek 4 Cara Mudah Untuk Mengatasi Kecanduan Pada Smartphone

Bagikan:Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on PinterestShare on Tumblr

Mengatasi Kecanduan Pada Smartphone – Tahukah kamu? Indonesia masuk dalam jajaran 5 negara dengan pengguna smartphone terbanyak di dunia, dan menempati peringkat ketiga dalam pasar smartphone terbesar di Asia Pasifik. Dengan melihat fakta ini, kita bisa mengetahui betapa smartphone kini telah melekat dan menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari masyarakat Indonesia setiap harinya.

mengatasi kecanduan pada smartphone

Semakin berkembangnya dunia teknologi informasi dan semakin banyaknya konten yang ditawarkan oleh smartphone saat ini, membuat rasa kencanduan pada smartphone tentu tak mudah untuk dihindari. Namun jangan khawatir, berikut beberapa cara sederhana untuk mengatasi kecanduan pada smartphone kamu.

Apa saja cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kecanduan pada smartphone ?

  1. Letakkan smartphone-mu dan sering-seringlah menemui orang-orang di dunia nyata.

Masyarakat saat ini lebih sering berinteraksi dengan orang lain melalui smartphone, sehingga kemanapun kita pergi, kita selalu membutuhkan smartphone untuk berkomunikasi. Selain untuk berkomunikasi, dengan smartphone kita juga bisa mendapat konten-konten atau hal-hal menarik yang kita sukai. Inilah yang membuat kita semakin tak bisa melepas smartphone.

Saking tak bisa berpisahnya seseorang dengan genggaman smartphone, tak jarang smartphone juga dijadikan alat untuk menghindari percakapan dengan orang lain. Misalnya berpura-pura bermain ponsel ketika di dalam kendaraan umum, tempat umum, atau acara perkumpulan tertentu.

Mulai saat ini, cobalah untuk meletakkan smartphone dan bergabung di dunia nyata. Temui secara langsung orang-orang yang kita sukai, cari hal-hal menarik di luar sana untuk kita coba. Hal menarik dan menyenangkan tak cuma ada di internet dan smartphone, kok. Masih banyak hal keren lainnya di luar sana yang harus kita eksplorasi, tak hanya terpatri pada smartphone saja.

  1. Belilah kuota paket data internet yang tak terlalu besar.
Baca Juga  Dibalik Arti dari nama OS Android

Internet adalah salah satu alasan mengapa orang bisa sampai berjam-jam menatap smartphone. Salah satu cara mengatasi kecanduan pada smartphone yang bisa kita coba adalah dengan membeli paket data yang tak terlalu besar. Selain menghemat isi dompet, membeli paket data yang kecil akan membuat kita berpikir ulang untuk sering membuka internet dan smartphone.

Paket data kini tersedia dalam jumlah kecil seperti 1 GB dan 2 GB. Langsung membeli paket data yang besar cenderung membuat kita berperilaku boros dan menjadi sering membuka internet. Kita merasa santai-santai saja membuka banyak aplikasi dan konten dengan pikiran “Toh, paket internetku masih banyak”. Inilah yang harus dihindari jika kita ingin mengatasi kecanduan pada smartphone.

  1. Keep silent! Matikanlah semua notifikasi yang ada.

Sering kita sudah berusaha menghindari membuka ponsel, namun karena banyaknya notifikasi yang datang kita menjadi tergoda untuk membuka smartphone lagi. Lama-kelamaan kita menjadi keasyikan dan larut dalam kegiatan bermain smartphone. Usaha kita mengatasi kecanduan pada smartphone pun bisa berakhir sia-sia.

Oleh karena itu, biasakan untuk mematikan notifikasi berbagai aplikasi yang terpasang dalam ponsel kita sebelum beraktifitas. Sebaiknya non-aktifkan notifikasi dari aplikasi-aplikasi yang terus aktif memberi pemberitahuan seperti Facebook, Instagram, Path, hingga Gmail. Selain ‘memakan’ data latar belakang dan menjadikan kita boros kuota, notifikasi-notifikasi ini juga membuat kita terganggu dalam beraktifitas, bukan?

  1. Tinggalkan di rumah atau beli handphone standar.
Baca Juga  Intip Informarsi Tentang Daftar Smartphone Dengan Dual Sim Terbaik

Jika tak terlalu diperlukan, kita bisa meninggalkan smartphone kita di rumah atau titipkan kepada seseorang yang kita percaya. Selalu membawa smartphone dalam kantong akan membuat kita tergoda untuk terus membukanya. Jika memang benar-benar butuh untuk berkomunikasi, kita bisa menggunakan handphone dengan fitur standar saja.

Dengan membawa handphone yang tak memiliki begitu banyak fitur, kita akan membukanya ketika benar-benar perlu saja. Bagaimana? Tertarik kembali ke zaman dulu dan menggunakan handphone jadul? Kalau bisa membuat kita lepas dari kecanduan dan menjadi lebih produktif, kenapa tidak?

Itulah beberapa cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk mengatasi kecanduan pada smartphone. Semakin canggih dan semakin menariknya teknologi tak seharusnya membuat kita menjadi selalu terpaku pada smartphone di genggaman. Semoga bermanfaat.

Bagikan:Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on PinterestShare on Tumblr
Artikel Terkait