Ciri Ciri Berita Hoax

Bagikan:Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on PinterestShare on Tumblr

Ciri berita hoax susah-susah gampang untuk dikenali. Tidak adanya aturan resmi yang menyatakan itu berita hoax atau bukan menyebabkan orang berbondong-bondong mengklasifikasikan sendiri berita hoax. Berita hoax atau yang lebih dikenal dengan fake news ini memang menjadi keresahan masyarakat global. Maka dari itu, penting bagi kita untuk bisa mengklasifikasikan mana berita hoax dan mana yang bukan.

Ciri Berita Hoax

Beberapa waktu terakhir ini, pemerintah mulai melakukan berbagai langkah. Mulai dari melakukan pemblokiran berbagai sumber website dan akun-akun yang ditengarai sebagai pembuat berita hoax, menggandeng penyedia layanan medsos, bahkan sampai menggodok aturan untuk mengatur mereka.

Dewan Pers juga tidak tinggal diam. Sebagai lembaga yang melindungi kebebasan juga kualitas kehidupan pers nasional, lembaga ini mempunyai rencana untuk melakukan verifikasi kepada media dan memberikan label anti hoax. Bahkan gerakan dari masyarakat juga telah terjadi, seperti Masyarakat Anti Hoax dan Turn Back Hoax. Meski efektivitasnya belum dapat diukur, banyaknya pihak yang  bergerak memperlihatkan bahwa permasalahan berita hoax ini sudah mencapai tahap yang paling meresahkan.

Ciri Berita Hoax yang Beredar di Masyarakat

  1. Alamat URLnya mencurigakan

Pertama cek URL atau alamat situs beritanya. Banyak berita hoax yang cara penyebaran beritanya menggunakan nama sebuah perusahaan media yang sudah dikenal di kalangan masyarakat. Tampilan halaman mukanya pun juga dibuat sedemikian rupa hingga terlihat mirip dengan aslinya. Untuk mengetahuinya dapat dilakukan dengan memperhatikan URL-nya. Apakah alamat situs beritanya benar atau ternyata berbeda.

Baca Juga  Uji Coba Fitur Cuaca Facebook
  1. Sebagian besar dikirimkan melalui broadcast message

Apakah Anda sering mendapatkan broadcast message yang biasa dikirimkan melalui aplikasi BBM atau Whatsapp?  Broadcast message yang disebarkan secara personal maupun pesan yang disampaikan melalui grup, bisa saja itu adalah berita hoax. Broadcast message juga merupakan model penyebaran fake news yang cukup masif. Metodenya ialah pesan yang disebarkan dari satu pengguna ke banyak pengguna lainnya. Pengguna yang percaya akan ikut menyebarkannya ke  pengguna lainnya hingga terus berlanjut. Isi pesan  biasanya dikemas sebagai sebuah berita yang bersumber dari media yang sudah dikenal padahal kenyataannya bukan. Hal yang sama juga berlaku terhadap pesan yang disertakan bukti  screen capture atau foto. Foto atau screen capture ini bisa saja sudah di edit.

  1. Artikel biasanya memprovokasi

Biasanya artikel hoax adalah artikel yang memprovokasi agar kita menyerang pihak-pihak tertentu. Laporan palsu sering menargetkan emosi dengan klaim aneh atau kata-kata yang tidak patriotik dan juga dengan bahasa yang hiperbola.

  1. Akun yang menyebarkan biasanya akun anonim

Jika Anda mendapatkan berita yang mencurigakan, artikel yang memprovokasi dan status yang tidak jelas di sosial media, perhatikanlah siapa yang mengsharenya. Bisa jadi akun yang mengshare dan membuat berita tersebut adalah akun dengan nama anonim dan identitas palsu. Ciri-ciri akun palsu tersebut biasanya menggunakan foto perempuan cantik dan sexy atau foto yang menunjukkan simbol keagamaan, pertemanan mereka di sosial media masih sedikit, tidak ada foto album yang bisa ditampilkan, akun baru dibuat dan semua news feednya menyebarkan berita-berita yang memprovokasi

Baca Juga  Langkah Mendeteksi Berita Hoax di Indonesia

Langkah Mendeteksi dan Mencegahnya

Melakukan pengecekan adalah cara paling solutif untuk membuktikan kebenaran suatu berita artikel. Hal ini dapat dilakukan dengan mudah melalui mesin pencari Google. Google yang saat ini sudah dilengkapi dengan feature pengecekan foto memungkinkan kita untuk mendrag foto tersebut ke laman Google Images dan mencarinya secara online.

Selain itu apabila Anda menerima berita hoax, jangan sebarkan berita itu dan langsung hapus. Dan lebih baik lagi jika Anda bersedia meluangkan waktu untuk melaporkan akun tersebut dan melaporkannya kepada sosial media tersebut.

Ciri berita hoax mudah-mudah susah untuk dikenali. Berhati-hatilah dalam memilah informasi dan semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Bagikan:Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on PinterestShare on Tumblr
Artikel Terkait