Dibalik Arti dari nama OS Android

Bagikan:Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on PinterestShare on Tumblr

Arti dari nama OS Android Ketika mendengar nama android, pasti secara otomatis yang terlintas di benak Anda adalah sebuah operating system milik Google. Namun tanpa Anda sadari, operating system Google ini menggunakan nama makanan. Ya. Selama ini nama – nama dari operating system Google ini memang tidak jauh dari nama – nama makanan. Lantas sudah tahukah Anda apa arti dari nama OS Android yang sering anda gunakan? Jika belum, ada baiknya Anda membaca artikel ini .

arti dari nama os android

Sejarah Di balik Arti dari Nama OS Android

Selama ini kita telah merasakan berbagai kenyamanan dari fitur – fitur dalam android. Namun pernahkah Anda berpikir bagaimana kira – kira sejarah dari semua itu? perlu Anda ketahui bahwa kata Android sendiri merupakan nama dari sebuah perusahaan milik Palo Alto, California, yang dikenal dengan nama Android Inc. Perusahaan tersebut berdiri pada tanggal 22 Oktober 2003. Beberapa orang yang ikut andil dalam pendiriannya yakni Andy Rubin (Co-Founder Danger), Rich Miner (Co- Founder Wildfire Communications Inc), Nick Sears (VP T- Mobile), dan Chris White (Pimpinan desain dan interface Development di Web TV)

Pada tanggal 17 Agustus 2005, Google membeli Android Inc. Tidak hanya perushaannya, namun semua yang terlibat di dalamnya ikut dibeli, termasuk pendirinya sendiri. Di awal pembelian pabrik tersebut Google tidak memperlihatkan gelagat apa pun, Google waktu itu hanya ingin mengembangkan Android SDK saja, tidak lebih.

Baca Juga  Mengapa Pesona Oneplus 3T Sebagai Flagship Killer Sangat Kuat

Namun, seiring dengan berjalannya waktu, terdengar rumor bahwa Google memiliki keinginan untuk masuk ke dunia mobile, yang pada saat itu masih di bawah kuasa Symbian dan Windows Mobile. Perlahan tetapi pasti, akhirnya segala spekulasi – spekulasi tersebut terjawab bersamaan dengan diciptakannya operating system Android. Di mana operating system Android tersebut dapat bekerja hampir di semua handset dan PDA serta jaringan operator sekitar awal tahun 2007 yang lalu.

Sejak mulai mengembangkan sayapnya ke dunia mobile, Google telah banyak merilis versi dari Android tersebut. Uniknya, semua versi Android tersebut menggunakan nama – nama makanan. Selain berdasarkan nama makanan, pemberian nama – nama tersebut juga didasarkan dari urutan abjad. Contohnya seperti, Cupcake (C), Donut (D), Éclair (E), Froyo (F), Gingerbread (G), Honey Comb (H), Ice Cream (I), Jelly Bean (J), dan yang baru akan di rilis sebentar lagi yaitu Kitkat (K).

Jika diperhatikan, penamaan tersebut langsung bermula dari huruf C. Kira – kira kenapa demikian? Kabarnya, huruf A adalah huruf yang mewakili Android 1.0 Astro Boy, dan huruf B adalah Android 1.1 Bender. Di karenakan terjadinnya komplain dari perusahaan yang terlebih dahulu menggunakan hak paten nama itu, maka Google tidak menggunakannya lagi.

Akan tetapi, seperti yang dikutip dari Android Police (11/0), Jean – Baptise Queru, Dianne Hackborn, san Romain Guy, yang mana mereka adalah tiga orang teknisi di divisi Android, mengatakan bahwa sebenarnya Android 1.1 memiliki kode nama Petit Four sedang kan Android 1.0 tidak memiliki kode nama sama sekali.

Baca Juga  Inilah 5 Tips Melindungi Smartphone dari Kerusakan yang Wajib Anda Tahu

Tetapi, meskipun Android 1. 0 tidak memiliki nama, dan Android 1. 1 adalah Petit Four, Google tetap tidak menggunakan huruf A dan B. Tidak ada yang tahu secara pasti mengapa bisa demikian. Namun yang pasti terlepas dari semua itu, selain menggunakan nama makanan Google sepertinya ingin membuat versi demi versi dari Android berurutan menurut abjad.

Nah. Itulah sejarah perkembangan android yang selama ini Anda gunakan dan OS di dalamnya. Kini, Anda tidak perlu bingung lagi saat ditanya seputar itu, karena Anda telah menngetahui arti dari nama OS Android dan sekelumit tentang sejarahnya.

Bagikan:Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on PinterestShare on Tumblr
Artikel Terkait