Ini Cara Membedakan Wifi Gratis Yang Aman dan Tidak

Bagikan:Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on PinterestShare on Tumblr

Cara Membedakan Wifi Gratis yang Aman dan Tidak – Cara membedakan wifi gratis yang aman dengan tidak sangat penting diketahui oleh masyarakat yang gemar mencari gratisan koneksi internet. Cara membedakan dua hal ini sangat penting dan harus diketahui oleh masyarakat pada umumnya, mengingat ada beberapa jaringan wifi yang memiliki tingkat keamanan yang sangat tinggi sehingga Anda tidak bisa menyambungkan gadget Anda di jaringan Wifi tersebut. Karena alasan inilah, Anda tidak bisa sembrono, terlebih apabila Anda sudah tahu bahwa jaringan tersebut tidak aman namun tetap saja menyembungkannya. Salah satu resiko yang didapatkan adalah Anda akan dikira penyusup atau hacker. Iya kalo Anda mahir meloloskan diri dan melindungi identitas Anda, kalau tidak bagaimana jadinya nanti.

cara membedakan wifi gratis yang aman dengan tidak
Cara Membedakan Wifi Gratis yang Aman dan Tidak Menurut Pakar

Perkembangan teknologi yang sangat pesat ini menuntun manusia untuk berfikir secara lebih realistis dan cerdas. Karena apabila Anda tidak memperhatikan dua hal tadi, kemungkinan besar Anda akan termakan oleh keasyikan teknologi. Salah satunya adalah wifi. Wifi sendiri merupakan salah satu jaringan yang digunakan untuk masuk kedalam internet, sehingga dengan terhubung oleh jaringan ini, Anda akan terkoneksi dan akhirnya bisa melakukan berbagai aktifitas. Seperti browsing, youtube-an dan masih banyak lagi. Karena sangat penting inilah, tidak salah apabila banyak masyarakat dan instansi yang memberikan sandi untuk melindungi wifinya.

Baca Juga  Layar LCD Fleksibel Asal Jepang Tantang OLED

Penelitian yang dilakukan oleh Security Advocate Consumer Business Unit Symantec Nick Savvides mengungkapkan memang sangat sulit untuk mencari pembeda antara wifi gratis yang aman dan tidak aman. Bahkan salah satu kru dari bidang keamanan jaringan mengungkapkan saat ini belum ada teknik khusus mengidentifikasi konekstifitas wifi gratis yang aman dan tidak. Namun ada satu cara yang bisa masyarakat kebanyakan terapkan. Ia menambahkan bahwa saat terjadi koneksi, umumnya wifi akan dilengkapi dengan pemberitahuan yang memberitahukan seberapa keamanan yang dimiliki. Sebut saja, secure ataupun not secure. Kru tersebut bernama Savvides yang saat itu berada di Jakarta. Ia merupakan penanggung jawab sistem keamanan Symantec yang berada di kawasan Asia Pasific.

Dengan adanya petunjuk tersebut, ia menambahkan jangan terlalu memaksakan untuk menghubungkan perangkat Anda dengan jaringan Wifi tersebut. Terutama saat sudah ada pemberitahuan bahwa jaringan Wifi tadi sudah tidak aman untuk disambungkan. Didalam kesempatan yang sama, Savvides juga menyampaikan bahwa saat ini sudah ada satu layanan yang berasal dari Symantec. Layanan ini berfungsi untuk melindungi berbagai data dari gangguan dan ancaman kejahatan yang biasa di siber. Perlindungan ini bisa dinikmati dengan koneksi Wifi yang dimiliki gadget tersebut.

Nah, layanan ini sendiri dibuat dengan bentuk VPN atau Virtual Private Network yang akan melindungi berbagai data personal yang sangat penting untuk pengguna gadget tersebut. Mulai dari data nomor rekening tabungan dan kredit yang dimiliki, berbagai password yang sering ia gunakan hingga mampu mencegah terjadinya penyadapan yang dilakukan oleh para hacker yuang memanfaatkan jaringan Wifi yang dipakai oleh si pengguna tersebut. Dengan adanya layanan ini, berbagai privasi pribadi yang terkoneksi dengan teknologi dan internet akan semakin aman dan tidak bisa disalah gunakan oleh oknum yang tidak memilikin tanggung jawab.

Baca Juga  Baterai Tahan Api Smartphone Masa Depan

Cara membedakan wifi gratis yang aman dan tidak tersebut disampaikan oleh Savvider saat ia berada di Jakarta. Dan, umumnya setiap wifi memiliki tingkat keamanan yang berbeda-beda. Jadi, intinya Anda harus selalu melihat apakah wifi tersebut memiliki tingkat keamanan yang tinggi atau tidak. Apabila tidak memiliki keamanan sama sekali, Anda bisa menyambungkan gadget yang dimiliki dengan koneksi wifi tersebut.

Bagikan:Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on PinterestShare on Tumblr
Artikel Terkait