Ini Dua Jenis Trik Penyadapan

Bagikan:Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on PinterestShare on Tumblr

Jenis trik penyadapan – Beberapa waktu yang lalu, Indonesia digemparkan dengan berita bahwa negara tetangga kita, Australia, melakukan penyadapan terhadap beberapa pejabat penting di Indonesia. Tentu saja berita ini menjadi buah bibir banyak orang dan membuat Australia mendapatkan kerugian karena pada akhirnya Pemerintah Indonesia memberikan beberapa sanksi yang berimbas pada hubungan kerjasama kedua negara tersebut.

Yak! Penyadapan merupakan hal yang tidak bisa dibenarkan sekaligus hal yang sebenarnya sah-sah saja dilakukan. Mengapa? Jika penyadapan dilakukan guna untuk penyadap teroris ataupun pasangan yang sedang selingkuh, hal tersebut bisa dibenarkan. Tapi jika penyadapan itu dilakukan untuk menyadap kepala negara guna mendapatkan sejumlah informasi rahasia bukankah hal itu tidak dapat dibenarkan? Eittt…. By the way kenapa kalian baca artikel ini? Jangan-jangan kalian mau menyadap seseorang yak? Siapa? Hehe. Tenang…. Dalam artikel ini, kita akan memberikan bocoran tentang jenis trik penyadapan yang biasa dilakukan oleh para aparat berwajib ataupun orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Berikut ulasannya

Dua Jenis Trik Penyadapan

Menurut mantan pejabat Lembaga Sandi Negara, penyadapan bisa dilakukan dengan dua metode. Pertama adalah dengan menggunakan perangkat taktis yang diterjunkan langsung di lapangan sekitar target. Kedua adalah dengan metode lawful intercept dimana penyadapan dilakukan di sisi perangkat operator.

Jenis Trik Penyadapan

Perangkat taktis akan menyamar jadi sebuah BTS sesuai operator seluler yang dimiliki oleh target yang menyebabkan ponsel target akan terhubung dengan alat tersebut. Setelah tersambung, tidak hanya penyadapan, perangkat itu juga dapat melakukan kloning nomor telepon target. Hal ini memungkinkan penyadap memanipulasi informasi seperti mengirimkan SMS atau melakukan percakapan dari nomor target.

Baca Juga  Ciri Ciri Berita Hoax

Untuk penyadapan jenis kedua, penyadapan dengan metode lawful interception lebih mudah karena tidak perlu mengikuti target ke mana pun Ia bergerak. Hal ini dikarenakan pada lawful intercept perangkat untuk melakukan penyadapan dapat diletakkan langsung di dalam jaringan operator seluler sehingga dapat mengakses seluruh komunikasi yang terjadi.

Status Hukum Penyadapan

Penyadapan secara resmi dikontrol secara ketat di berbagai negara untuk menjaga privasi. Secara teori, penyadapan umumnya memerlukan persetujuan pengadilan dan biasanya hanya disetujui apabila penyadapan tersebut bertujuan untuk mendeteksi tindakan kriminal atau kegiatan yang menghalangi penegakan hukum.

Di Indonesia sendiri, seringkali penyadapan dilakukan tanpa persetujuan pengadilan. Hal ini sering menimbulkan masalah karena pada akhirnya pihak yang dirugikan seringkali menuntut balik mereka yang melakukan penyadapan atas dasar melanggar privasi terdakwa.

Gejala Jika Anda di Sadap

 Jika Anda mengalami hal-hal berikut ini, itu tandanya jalur komunikasi Anda sedang disadap. Apa saja? Berikut ciri-cirinya :

  • Ada suara berdengung panjang pada suara lawan bicara sehingga suara yang terdengar seperti berada di lorong yang bergema.
  • Bila menelepon ke nomor-nomor tertentu akan mati tiap beberapa menit padahal tidak berada di luar kota.
  • Adanya delay penyampaian SMS atau bahkan tidak sampai sama sekali.
  • Sulit menelepon ke nomor-nomor tertentu meski nomor yang Anda tuju ada di samping Anda
  • Ada suara aneh seperti “cklik” atau “nut” ebelum nada sambung berbunyi.
  • Adanya suara lain semacam induksi ala PSTN saat menelepon.
  • Adanya ketidaksingkronan saat menelpon seperti hendak menelpon nomor dengan operator A tapi nyambungnya ke operator B.
Baca Juga  Cara Mengatasi Koneksi Wifi yang Lambat

Jenis trik penyadapan ada dua. Yaitu menggunakan perangkat taktis yang diterjunkan langsung disekitar target maupun metode  lawful interception . Jika Anda merasa sedang disadap oleh pihak-pihak tertentu, segeralah mengganti nomer telepon Anda dan apabila Anda sedang merencanakan untuk menyadap no telpon seseorang, pertimbangkan baik-baik rencana Anda. Semoga artikel ini bermanfaat.

Bagikan:Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on PinterestShare on Tumblr
Artikel Terkait