Ini 6 Jenis Perangkat Wearable Untuk Kegiatan Harian

Perkembangan dunia teknologi seakan tak ada matinya, berbagai inovasi-inovasi baru terus bermunculan untuk memudahkan kehidupan kita. Tahukah kamu? Kini hampir seluruh benda bisa dikomputerisasi. Termasuk aksesoris dan pakaian yang kita pakai sehari-hari. Ialah teknologi perangkat wearable yang semakin lama semakin berkembang dengan pesat. Apa itu teknologi wearable dan apa saja jenis-jenis perangkat wearable?

Pengertian dan jenis-jenis perangkat wearable.

Sesuai namanya, perangkat wearable (wearable device) adalah perangkat yang memiliki teknologi komputer, namun dapat kita pakai pada tubuh sebagai aksesori atau pakaian. Mulai dari topi hingga jaket kini sudah dilengkapi dengan teknologi yang mutakhir. Mulai dari melakukan panggilan telepon, email, prediksi cuaca, pemutar musik, kamera, dan masih banyak lagi.

Berikut 6 contoh jenis perangkat wearable unik yang harus kamu ketahui.

1. Cincin pintar (smartring)

Pernah terpikir cincin yang kita pakai bisa memiliki fitur layaknya komputer dan smartphone? Sebut saja Mota SmartRing yang memiliki fitur berupa pesan singkat, e-mail, hingga membaca notifikasi media sosial. Cincin ini memiliki desain yang stylish dan warna latar yang gelap, sehingga akan tetap bisa terlihat meski di tempat yang minim cahaya sekalipun. Cincin pintar ini juga sudah memiliki koneksi bluetooth dan sistem wireless charging.

Jenis Perangkat Wearable

2. Sepatu pintar

Brand besar seperti Nike dan Xiaomi pernah meluncurkan sepatu pintar dengan teknologi mutakhir. Sepatu pintar ini ditujukan untuk fungsi olahraga dan kesehatan, berbagai fitur seperti penghitungan langkah hingga melihat jumlah kalori yang harus dibakar bisa kita dapat dari sepatu pintar ini. Sepatu pintar keluaran Nike bahkan bisa mengencangkan tali sepatu sendiri, lho!

3. Jam tangan pintar (smartwatch)

Kita tentu sudah familiar dengan teknologi smartwatch, berbagai perusahaan ternama seperti Samsung, Apple, Motorola, hingga Mito pernah merilis produk jam tangan pintar ini. Smartwatch memiliki fitur berupa e-mail, melakukan dan menerima panggilan telepon, pesan singkat, kamera, dan sudah memiliki memori penyimpanan internal di dalamnya.

4. Jaket pintar

Baca Juga  6 Hal Yang Harus Anda Lakukan Sebelum Menggunakan Payroll Software

Jaket pintar pernah dirilis oleh Google dan Levi. Dibanderol dengan kisaran harga sekitar Rp. 4 juta-an, jaket pintar menawarkan fitur berupa pemutar musik, panggilan telepon, hingga penunjuk arah atau Google Maps. Cara pengoperasian jaket pintar cukup dengan cara mengusap atau mengetuk permukaan jaket. Jumlah dan tempat ketukan akan memberi perintah yang berbeda-beda pada jaket.

5. Topi pintar

Pembuatan topi pintar ini berawal dari banyaknya kecelakaan di jalanan dan kecelakaan kerja akibat kelelahan dan kantuk yang tak disadari. EdanSafe dan Google pernah meluncurkan produk topi pintar yang berfungsi untuk mengawasi tingkat kelelahan penggunanya dengan menggunakan pemantau gelombang otak. Jika pengguna sudah mencapai tingkat kelelahan yang tinggi, topi ini akan mengaktifkan alarm.

6. Google Glass (kacamata pintar)

Kita pasti sudah tak asing dengan produk teknologi dari Google yang satu ini. Google Glass memiliki segudang fitur seperti kamera, GPS, video chat, virtual reminder, panggilan telepon, prediksi cuaca, hingga jadwal penerbangan. Sayangnya, kacamata cerdas Googke yang dijual dengan harga sekitar Rp. 15 juta ini kurang mendapat respon baik di pasaran.

Itulah 6 jenis perangkat wearable menarik yang bisa kami rangkum. Semakin canggih teknologi seharusnya tak menjadikan kita terlalu bergantung dan terlena dengan kemudahan. Sebaliknya, teknologi harus bisa membuat kita menjadi masyarakat yang lebih produktif lagi. Semoga bermanfaat.

Baca Juga  Teknologi Kursi Roda dari Printer 3D
Artikel Terkait