Kereta Berteknologi Mirip Supersonik

Bagikan:Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on PinterestShare on Tumblr

Kereta berteknologi supersonik – Jika pesawat terbang dapat melaju dengan kecepatan supersonik, apakah Anda bisa membayangkan bagaimana kereta api melaju dengan teknologi supersonik? Akan sangat cepat bukan? Jika bagi Anda itu mustahil, jangan salah, kini sudah hadir kereta yang mampu mengantarkan Anda dari satu stasiun ke stasiun lainnya dengan kecepatan supersonik, lebih cepat daripada kereta tercepat di Jepang sekalipun.

Kereta Berteknologi Supersonik

Ya, baru-baru ini, Korea Selatan membuat pernyataan bahwa mereka tengah merancang kereta api berteknologi mirip supersonik. Kereta yang memiliki bentuk hyper-tube ini mampu melaju dengan kecepatan hingga 1000 km per jam. Jika kereta tercepat di Jepang mampu melaju dengan kecepatan 603 km per jam, kereta supersonik ini 18 mil lebih cepat.

Korea Railroad Research Institute (KRRI) sendiri mendapatkan kepercayaan  untuk mengerjakan proyek ini. Mereka akan mengembangkan kereta api ini agar mampu mencapai kecepatan supersonik. KRRI juga menuturkan bahwa kereta ini akan siap dalam waktu yang tidak lama lagi.

Sebelumnya, teknologi ini hanya terbatas pada jenis pesawat saja. Namun kali ini, teknologi yang mirip supersonik akan diadaptasi pada kereta rancangan Korea Selatan (Korsel).

“Kami berharap dapat membuat kereta ultracepat yang akan melakukan perjalanan dalam sebuah tabung bertekanan rendah, dalam kecepatan dan durasi waktu yang tidak terlalu lama. Untuk itu, kami akan bekerja sama dengan lembaga terkait seperti Hanyang University untuk memeriksa ketersediaan berbagai teknologi supersonik dalam bentuk format hyper-tube, selama tiga tahun ke depan,” kata juru bicara KRRI, seperti yang dikutip dalam Ubergizmo, Senin (23/1/2017).

Baca Juga  Pengembangan Teknologi Autentikasi Wajah Apple

Juru bicara itu juga menambahkan bahwa negara-negara besar seperti Amerika Serikat dan China juga akan bersaing untuk memimpin teknologi kereta hyper-tube, sehingga Korea Selatan akan mencoba merancang yang terbaik untuk mendahului para rivalnya dalam persaingan global.

Teknologi ini pertama kali dicanangkan oleh CEO Motors Tesla Elon Musk. Tapi sekarang teknologi ini terbuka bagi siapapun dan  sedang dikembangkan oleh sejumlah perusahaan, mahasiswa, dan insinyur independen.

Teknologi Hyper-tube, secara resmi disebut sebagai salah satu proyek baru yang akan didasarkan pada mode penumpang dan barang transportasi yang mendorong kendaraan pod melalui tabung di bawah vakum parsial dengan kecepatan lebih besar dari sebuah jet penumpang – hingga 800mph.

Jika pengembangan terbukti sukses, maka kereta api ini akan dua kali lebih cepat daripada kereta api tercepat saat ini. Kereta api ini juga akan mengadopsi levitasi  magnetik untuk menciptakan kendaraan tanpa kontak dengan tanah. Dengan levitasi magnetik, kendaraan akan melakukan perjalanan menggunakan magnet yang membuatnya terangkat dan propulsi, mengurangi gesekan dan menciptakan kecepatan yang sangat tinggi.

Pada saat kereta ini sudah beroperasi, kereta ini akan dapat mengangkut penumpang dari Seoul ke Busan dengan durasi kurang dari setengah jam. Biasanya, perjalanan dengan rute ini memakan waktu sekitar lima jam atau di bawah satu jam menggunakan pesawat udara biasa.

Baca Juga  Sejarah dan Perkembangan Fintech di Indonesia

Kereta berteknologi supersonik adalah kereta yang memungkinkan Anda untuk pergi dari satu kota ke kota lain dalam hitungan puluhan menit saja. Mengagumkan bukan? Kereta ini sebentar lagi akan di release dan tinggal menghitung bulan saja. Jika Anda ingin menjajal kereta api berteknologi supersonik itu, siapkan uang yang cukup untuk melakukan perjalanan ke Korea Selatan dan rasakan sensasi perpindahan menyerupai kecepatan cahaya. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Bagikan:Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on PinterestShare on Tumblr
Artikel Terkait