Ketahui Cara Memaksimalkan Penggunaan Chrome di Android

Bagikan:Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on PinterestShare on Tumblr

Bagi pengguna smartphone, peramban (mesin pencari) dengan nama Chrome pasti sudah tidak asing lagi. Pasalnya, chrome memang merupakan aplikasi wajib pada sebuah smartphone. Setiap smartphone sudah dapat dipastikan telah memiliki aplikasi ini, yang otomatis teroasang tanpa mengunduh terlebih dahulu. Namun demikian, meskipun terpasang sebagai aplikasi ‘wajib’ pada smartphone yang diketahui hampir oleh semua pengguna smartphone, banyak yang belum mengetahui cara memaksimalkan pengguaan chrome di android. Malahan, tak jarang orang-orang memilih untuk memasang dan menggunakan mesin pencari yang lainnya dengan alasan lebig praktis dan tidak memakan banyak kuota. Memang demikian, beberapa aplikasi pencari (browser) kadang lebih cepat aksesnya daripada chrome itu sendiri. Namun meskipun demikian, chrome sebenarnya bisa dibuat lebih hemat data dan lebih cepat penggunaannya.

cara memaksimalkan penggunaan chrome di android

Lima Cara Memaksimalkan Penggunaan Chrome di Android yang Layak Dicoba :

1. Brotli: Program untuk Mempercepat Waktu Muat Situs

Biasanya chrome memang cenderung membutuhkan waktu yang lama untuk memuat suatu situs, namun kini Anda tidak perlu khawatir lagi sebab kini telah terdapat cara memaksimalkan pengguaan chrome di android dengan mengaktifkan fitur Brotli. Brotli sendiri merupakan program yang yang diperkenalkan sejak tahun 2015 lalu, brotli memiliki fungsi untuk mengompres data dari suatu situs sehingga situs tersebut dapat dimuat dengan lebih cepat. Program ini dapat digunakan di beberapa sistem operasi, yaitu: MacOS, Lnux, Windows, termausk Chrome OS.

Baca Juga  Cek 4 Cara Mudah Untuk Mengatasi Kecanduan Pada Smartphone

Untuk membuat fitur ini aktif, Anda perlu melakukan sedikit pengaturan di chrome. Pertama, Anda buka Chrome kemudian pada laman pencarian ketikkan chrome://flags/#enable-brotli. Tunggu beberapa saat hingga konten tersebut terbuka, setelah terbuka klik tulisan ‘Brodi Content-Encoding’ lalu pilih ‘Default’ maka otomatis program tersebut akan aktif.

2. Menambahkan Shortcut di Layar Depan

Cara memaksimalkan pengguaan chrome di android yang kedua yaitu dengan membuat shortcut (jalan pintas) untuk situs-situs yang kerap Anda kunjungi. Caranya mudah, pertama Anda harus membuka situs yang akan Anda buat shortcut di Chrome, selanjutnya buka menu yang terletak pada bagian kanan atas, dan ketuk ‘Add to Home Screen’. Maka otomastis situs tersebut telah terdapat di bagian depan layar Anda sebagai shortcut.

cara memaksimalkan penggunaan chrome di android

3. Hubungkan Tabs dan Favorites di Perangkat yang Berbeda

Cara memaksimalkan pengguaan chrome di android selanjutnya adalah dengan melakukan sinkronisasi tabs dan favorites di perangkat yang berbeda. Fitur ini dapat digunakan untuk mengakses suatu situs dari beberapa perangkat yang berbeda. Cara mengaktifkannya yaitu, pertama Anda harus masuk terkebih dahulu ke menu Chrome Setting, setelah itu aktifkan ‘sync’. Kemudian lakukan hal yang serupa pada perangkat lain. Namun pastikan terlebih dahulu bahwa Anda tidak menggunakan akun yang berbeda, sebab untuk melakukan fungsi ini pengguna harus melakukannya dengan satu akun agar kemudian riwayat pencarian atau situs yang disimpan dapat diakses antarperangkat.

Baca Juga  Tahukah Anda, Bagaimana Penggunaan Ponsel di Korea Utara

4. Menghemat Data Dari Chrome

cara memaksimalkan pengguaan chrome di android yang lain adalah dengan menghemat data langsung dari chrome, tanpa bantuan aplikasi lain karena di dalam chrome sendiri telah terdapat fitur yang bernama Data Saver, yang berfungsi untuk mengompres situs yang dibuka, kompresan tersebut membuat data yang digunakan tidak terlalu besar. Cara melakukannya adalah dengan membuka chrome terlebih dahulu, kemudian pilih Menu, lalu Settings. Temukan Data Server dan aktifkan! Dengan begitu penggunaan data seluler Anda dapat diminimalisasi.

5. Untuk Pengguna Facebook: Aktifkan Notifikasi Facebook di Chrome

cara memaksimalkan pengguaan chrome di android yang terakhir adalah dengan mengaktifkan pembritahuan facebook melalui chrome. Dengan begitu, Anda tidak akan melewatkan pemberitahuan yang muncul di facebook Anda. Anda bisa mengaktifkannya saat pertam akali membuka facebook di chrome, biasanya chrome akan memberi tawaran untuk memberikan setiap notifikasi yang muncul kepada Anda. Anda hanya perlu meng-iya-kan tawaran itu lalu otomastis setiap pemberitahuan facebook akan muncul sekalipun Anda tidak sedang online.

Beberapa hal di atas adalah cara memaksimalkan pengguaan chrome di android yang perlu Anda manfaatkan agar chrome berfungsi maksimal di ponsel Anda. Selamat mencoba!

Bagikan:Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on PinterestShare on Tumblr
Artikel Terkait