Konsep Smartphone Tanpa Bezel Pada Layar Lengkung iPhone

Bagikan:Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on PinterestShare on Tumblr

Konsep Smartphone Tanpa BezelTeknologi smartphone terbaru selalu ditunggu-tungu kehadirannya oleh pengguna. Tak hanya dari segi performa, desain hardware ponsel pun mampu menggaet minat banyak pengguna.


Konsep Smartphone Tanpa Bezel saat ini kian menjadi tren di antara kalangan pengguna smartphone. Berbagai vendor smartphone juga berlomba-lomba menghadirkan ponsel dengan layar tanpa bezeluntuk menjaring banyak pengguna. Tidak hanya didaulat sebagai smartphone kelas premium, ponsel tanpa bezel pun menjadi teknologi yang cukup memiliki daya tarik tersendiri bagi pemiliknya. Layar tanpa bezel juga memungkinkan pengguna lebih leluasa memandang layar karena lebih lebar.

iPhone Edisi Baru Mengusung Konsep Smartphone Tanpa Bezel

Apple merupakan salah satu vendor raksasa yang memproduksi komputer, laptop, ponsel pintar, dan tablet. Dulu pernah ada sebuah rumor yang mengatakan bahwa iPhone akan segera menghadirkan iPhone dengan desain tanpa bezel. iPhone generasi selanjutnya, iPhone 7S atau bahkan menurut kabar yang beredar namanya adalah iPhone 8, kemungkinan akan hadir dengan perubahan dan perombakan besar.

Layar melengkung dan juga desain bezel-less sudah cukup umum digunakan dalam dunia smartphone di era sekarang. Namun berbeda dengan iPhone yang selama ini belum pernah mengeluarkan produk iPhone bezel-less dengan layar melengkung.

Lagi-lagi sebuah rumor mencuat, tentang model iPhone berikutnya yang kemungkinan akan bernama iPhone 8 akan segera mengusung layar melengkung dan desain tanpa bezel atau bezel-less.

Baca Juga  Tips Charge Baterai Ponsel Baru

Baru-baru ini disebutkan bahwa Apple sudah berhasil mendapatkan hak paten yang baru. Paten baru mengenai kemampuan mengintegrasikan berbagai macam sensor pendeteksi cahaya yang berada di perangkat iPhone menuju ke layar iPhone.

Hak Paten Teknologi Baru Apple

Serupa dengan yang telah dilansir dari Apple Insider, paten tersebut dicatatkan dalam Apple’s U.S Patent No. 9,466,653 yang berisi soal penggunaan bagian luar pada layar ponsel untuk mengakomodasikan sensor pendeteksi cahaya yang ada di iPhone.

Konsep Smartphone Tanpa Bezel

Berdasarkan keterangan dari penyedia barangnya, Apple sedang berencana untuk berpindah dari teknologi pada layar yang menggunakan in-cell menjadi kaca on-cell atau juga bisa disebut glass-on-glass. Kedua teknik itu nantinya akan mampu membuat Apple memroduksi smartphone dengan layar tanpa bezel. Salah satu persoalan yang ada pada penggunaan teknologi in-cell ialah kurang responsifnya sentuhan di bagian pinggir layar ponsel.

Apple sesungguhnya telah mencoba untuk mengembangkan sebuah perangkat dengan display glass-on-glass dengan desain setipis iPhone 6, dengan menggunakan layar in-cell. Hal ini pula yang membuat Apple sulit untuk memroduksi layar dengan resolusi 4K untuk smartphone terbaru berikutnya. Dihilangkannya bezel pada sisi layar milik iPhone 6 tujuannya ialah untuk membenamkan sebuah pemindai sidik jari di dalam layarnya. Sebagai catatan, fitur Touch ID pada iPhone 5S diletakkan pada tombol home.

Bukan cuma desain iPhone dan juga layarnya, ukuran layar iPhone 8 pun dikabarkan akan mengalami peningkatan. Layar iPhone 8 akan meningkat menjadi 5 inci, lalu iPhone 8 Plus akan menjadi 5.8 Inci.

Baca Juga  Tren Konsep Smartphone Tanpa Bezel Di Indonesia

Teknologi layar yang digunakan oleh Apple untuk iPhone 8 ialah layar ‘OLED’ pada iPhone 8 Plus sedangkan untuk iPhone 8 menggunakan layar LCD biasa. Sudah barang tentu OLED mempunyai tingkatan segi kecerahan bagus dengan mengonsumsi daya baterai lebih sedikit.

Rumor iPhone yang menggunakan layar tanpa bingkai memang telah menjadi rumor yang umum terdengar beberapa waktu belakangan. Namun, apabila memang benar demikian, maka muncul kemudian sebuah kemungkinan bahwa Apple akan segera menerapkannya untuk iPhone selanjutnya. Entah apakah itu iPhone 7S atau iPhone 8 yang akan mempunyai desain iPhone tanpa bezel, bezel-free, atau iPhone bezel-less.

Bagikan:Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on PinterestShare on Tumblr
Artikel Terkait