Mencegah Informasi Hoax di Internet

Bagikan:Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on PinterestShare on Tumblr

Mencegah Informasi Hoax – Beberapa bulan terakhir ini, Indonesia diwarnai oleh berbagai macam berita hoax atau yang biasa disebut news fake. Berita hoax ini tentu menjadi sumber masalah karena banyak orang yang percaya dan tertipu. Masyarakat terbelah menjadi dua. Perpecahan terjadi. Dan pada akhirnya yang diuntungkan adalah pihak-pihak yang memiliki kepentingan untuk melakukan pembodohan kepada masyarakat Indonesia dan pihak-pihak yang mencari uang dengan cara menyebarkan berita hoax.

Tidak bisa dipungkiri. Membuat konten dan berita hoax kini sudah menjadi ladang bisnis bagi sebagian orang. Jumlah uang fantastis yang ditawarkan membuat mereka menjadi gelap mata dan terus memecah belah bangsa Indonesia. Pemerintah tentu saja sudah berupaya untuk memberantas berita hoax tersebut. Tapi, tanggung jawab terbesar untuk memberantas berita hoax tersebut adalah kita sebagai pengguna internet.

Mencegah informasi hoax dapat dilakukan dengan berbagai cara. Berikut adalah beberapa hal yang dapat kita lakukan agar berita hoax tidak meluas :

Cek Sumber Berita

Kita sebagai pengguna internet bisa memeriksa siapa sumber informasi dan melakukan konfirmasi secara langsung dengan pihak yang menyebarkan. Dengan memanfaatkan mesin pencari seperti Google atau Yahoo, pembaca juga bisa membandingkan kebenaran suatu berita  dengan membandingkan dari sumber terpercaya lainnya.

Hindari Website Mencurigakan

Website yang belum kita ketahui asal-usulnya sebaiknya ditelusuri terlebih dahulu pada saat web tersebut memberitakan sebuah informasi. Sebagai pengguna yang pintar, janganlah membagikan berita dari situs yang sama sekali tidak kita kenali agar kabar hoax itu tidak menjadi viral di dunia maya.

Baca Juga  Pemerintah Percepat Pembentukan Badan Siber Nasional

Kenali Situs Palsu

Cari tahu situs tempat informasi itu di-posting lalu pelajari dan pastikanlah apakah situs tersebut isinya adalah berita berdasarkan fakta atau informasi yang mengandung unsur hoax.

Mencegah Informasi Hoax

Periksa Berita dalam Bahasa Terjemahan Inggris

Beberapa artikel hoax dapat bermula dari luar negeri. Maka pengguna dapat memeriksa apakah artikel yang dicurigai hoax tersebut muncul di situs-situs asing. Berita hoax telah dibuktikan kebohongannya oleh situs dari luar negeri namun bisa saja orang tidak bertanggung jawab dari Indonesia mengangkatnya kembali.

Selain cara-cara diatas, ada satu lagi cara yang dapat kita lakukan untuk mencegah penyebaran informasi hoax sekaligus memberantasnya. Cara yang satu ini membutuhkan sedikit waktu dari Anda untuk melakukan pelaporan informasi berita hoax kepada aparat berwajib. Pengguna dapat melakukan screen capture disertai alamat url, dan mengirimkan data tersebut ke aduankonten@mail.kominfo.go.id. Kiriman aduan pengguna biasanya akan segera diproses setelah melalui proses verifikasi yang dilakukan oleh pihak kominfo.

Jika Anda menjadi salah satu partisipan, kerahasiaan pelapor dijamin tidak akan tersebar dan aduan konten yang dilaporkan dapat dilihat di laman web trustpositif.kominfo.go.id.

Selain itu pengguna juga bisa mengakses situs turnbackhoax. Di dalamnya terdapat database berisi informasi hoax. Dalam laman situs itu terdapat laporan yang dikategorikan berdasarkan berita palsu yang terbaru, teraktif, dan terpopuler.

Dari setiap daftar berita palsu tersebut, pengguna juga dapat melihat keterangan hoax atau bukan hoax berdasarkan penandaan dari pengguna internet lainnya. Untuk melaporkan berita palsu, pengguna juga dapat melakukan login di aplikasi Turn Back Hoax hanya dengan menggunakan akun Facebook Anda.

Baca Juga  Cek 4 Cara Mudah Untuk Mengatasi Kecanduan Pada Smartphone

Mencegah informasi hoax adalah tanggung jawab kita bersama. Selain melapor apabila menemukan berita hoax, pengguna tentu juga perlu mencermati mana berita yang palsu dan mana berita yang fakta sehingga tidak langsung menyebarkan informasi tersebut.

Bagikan:Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on PinterestShare on Tumblr
Artikel Terkait