Pemerintah Percepat Pembentukan Badan Siber Nasional

Bagikan:Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on PinterestShare on Tumblr

Pembentukan Badan Siber Nasional – Dalam berbangsa dan bernegara, pasti ada aturan yang harus diikuti oleh warga negara demi menciptakan pemerintahan dan kehidupan masyarakat yang kondusif. Jika tidak, pasti akan timbul permasalahan-permasalahan yang akan mengganggu stabilitas dan menggoyahkan sendi-sendi kehidupan bernegara. Nah, hal inilah yang ingin kita hindari. Namun sayangnya, banyak pihak-pihak tertentu yang berusaha menghancurkan stabilitas negara demi mencapai tujuan politik mereka. Mulai dari demo besar-besaran hingga menyebarkan berita hoax mereka lakukan. Efeknya sungguh ajaib. Pada akhirnya, rakyat Indonesia terpecah menjadi dua. Masing-masing dari pihak saling menyerang satu sama lain dan tidak ada yang mau mengalah.

Pembentukan Badan Siber Nasional

Contoh saja kasus yang menimpa salah satu pejabat publik di Indonesia hanya karena video ceramahnya digubah oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Karena ulah orang itu, terjadi demo besar-besaran untuk menuntut pejabat publik tersebut segera diadili atas dasar penistaan agama. Hal ini menyebabkan rakyat Indonesia menjadi pro dan kontra. Video hoax ini telah memecah belah Indonesia dalam kurun waktu setengah tahun ini dan itu sangat merugikan Indonesia sekali.

Mengingat sangat berbahayanya efek yang dapat ditimbulkan dari berita hoax, beberapa waktu lalu, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan, Wiranto, menggelar rapat koordinasi terbatas tingkat kementrian menjelang sidang paripurna yang akan dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Baca Juga  Tips Charge Baterai Ponsel Baru

Dalam rapat terbatas tersebut, sebanyak 12 kementerian bidang politik, hukum dan keamanan membahas program-program pemerintah yang akan dijalankan pada  2017.

“Memang benar ada beberapa program yang sudah dikeluarkan namun belum dilaksanakan, maka kami akan mengaktualisasi berbagai program yang sudah ditetapkan dan belum dijalankan itu,” tutur Wiranto di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, Selasa (3/1/2017).

Salah satu program yang akan dilakukan pada tahun 2017 adalah mempercepat pembentukan Badan Siber Nasional atau yang biasa disingkat BSN. Wiranto menuturkan, Presiden Joko Widodo telah memerintahkan pembentukan Badan Siber Nasional untuk memproteksi kegiatan siber dalam skala nasional.

Menurut dia, Pemerintah Republik Indonesia membutuhkan satu lembaga yang akan memayungi seluruh kegiatan siber nasional untuk mengurangi angka penyebaran berita hoax, meningkatkan pertahanan dan keamanan, serta menertibkan perdagangan elektronik yang ada.

“Bapak Presiden telah memberikan mandat untuk membentuk,  dan harus segera dibentuk Badan Siber Nasional yang nanti tugasnya adalah memproteksi kegiatan siber nasional,” ucap Wiranto.

Pembentukan BSN, kata Wiranto, rencananya  direalisasikan pada Januari 2017. BSN sendiri akan mengkoordinasikan badan cyber deffence yang ada dalam Kementerian Pertahanan, Badan Intelijen Negara (BIN), dan juga cyber security di Kepolisian Republik Indonesia “Jika diperlukan bulan ini sudah harus beres,” kata Wiranto.

Pembentukan Badan Siber Nasional ini, diharapkan kehidupan berbangsa dan bernegara dapat menjadi lebih kondusif dan juga terbebas dari ancaman pihak-pihak yang ingin melemahkan Indonesia. Tentunya pembentukan Badan Siber Nasional ini harus mendapatkan persetujuan dari DPR dan juga MK. Dan perlu mendapatkan dukungan dari segenap rakyat Indonesia karena badan ini tidak akan berfungsi sebagai mana mestinya jika tidak ada partisipasi aktif dari rakyat Indonesia. Bentuk sederhananya, badan ini tidak dapat berjalan optimal jika masyarakat tidak memiliki keterlibatan untuk melaporkan berita hoax yang mereka temui dalam dunia sehari-hari. Dengan partisipasi aktif dari masyarakat dan juga kinerja Badan Siber Nasional, diharapkan dapat tercipta Indonesia yang nyaman dan juga damai. Nah, semoga artikel ini bermanfaat bagi teman-teman semua ya!

Baca Juga  Perkembangan Teknologi Baterai Smartphone
Bagikan:Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on PinterestShare on Tumblr
Artikel Terkait