Pertumbuhan Kecerdasan Buatan di Dunia E-Commerce

Bagikan:Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on PinterestShare on Tumblr

Kecerdasan Buatan di E-Commerce – Infrastruktur internet di Indonesia dari tahun ke tahun mengalami kemajuan yang signifikan. Infrastruktur yang semakin maju ini membuat pengguna internet semakin mendapatkan kemudahan serta kebebasan untuk mengakses segala apa yang mereka butuhkan. Pengguna internet yang dari tahun ke tahun semakin bertambah ini pun menjadikan mereka sebagai pasar potensial bagi para entrepreneur untuk menjalankan bisnis mereka. Oleh sebab itu, dalam beberapa tahun terakhir ini, kita dapat melihat toko online semakin banyak bermunculan. Hm, tentunya Anda pernah menjadi salah satu pembeli di toko online bukan?

Kecerdasan Buatan di E-Commers

Dimulai dari menciptakan pengalaman belanja pribadi hingga menawarkan asisten pembelian virtual – AI berusaha untuk meningkatkan pengalaman belanja online bagi konsumen dan pengecer. Pembeli akan dapat dengan mudah menemukan harga terbaik untuk item dan berkomunikasi dengan chatbots untuk layanan pelanggan yang cepat. Untuk pengecer, mereka akan dapat lebih menganalisis data konsumen untuk memprediksi pola pembelian masa depan, menciptakan sistem pengisian otonom dan juga menghemat uang dan waktu pada layanan pelanggan dengan memanfaatkan chatbots. Nah, seperti apa AI itu sendiri, mari kita bahas.

Seperti yang sudah disebutkan diatas, AI (Artificial Intellegence) adalah sebuah sistem yang  mempermudah toko online untuk menganalisa data, membantu retail untuk semakin dekat dengan konsumen dan menciptakan pengalaman membeli yang lebih baik. AI memiliki sejumlah kelebihan daripada sistem lainnya yaitu:

Baca Juga  Berikut 3 Game Yang Diprediksi Akan Populer di 2017
  • Memberikan pelayanan kepada konsumen dengan lebih baik

Untuk toko online, mencapai sebuah pelayanan kepada konsumen dengan lebih baik adalah kunci kesuksesan. Dengan AI system, teknologi ini membantu pemilik toko online untuk memberikan pesan kepada pelanggan. Teknologi ini juga dapat menganalisa apa saja yang sudah konsumen lakukan dan dapat memprediksi apa yang akan konsumen lakukan selanjutnya.

  • Menciptakan asisten pembelian virtual

AI dapat digunakan untuk menjadi asisten pembelian untuk mendeteksi harga paling rendah, mengecek apakah pesanan anda sesuai dengan tanggal dan jadwal dan mengingatkan Anda apabila pesanan Anda sudah sampai.

  • Membuat percakapan dan mengimprovisasi pemenuhan pesanan

AI menggunakan chatbox dapat membuat percakapan dan menjawab pertanyaan dari konsumen. Selain itu, chatbox juga dapat menyampaikan pesan Anda kepada orang dari toko online yang berkepentingan untuk segera dijawab.

  • Menganaliisa data besar

Dengan dukungan IBM milik Watson, AI dapat menganalisa data untuk mengkorelasikan data yang tersturtur maupun yang tidak terstruktur. Selain itu dapat mempelajari barang apa yang paling diminati oleh pembeli berdasarkan usia, daerah dan kategori. Sistem ini jelas memberikan manfaat pada marketing untuk meningkatkan pendapatan perusahaan.

Sejumlah perusahaan sudah mempekerjakan AI dalam proses e-commerce mereka hari ini. Netflix menggunakan AI untuk memberikan rekomendasi pribadi untuk pelanggan berdasarkan kebiasaan mereka streaming sebelumnya. Selain memberikan rekomendasi tayangan kepada pengguna berdasarkan kebiasaan, AI di Netflix juga akan memberikan sugesti lainnya untuk menonton tayangan yang berbeda. Under Armour, dengan bantuan IBM Watson, juga menggunakan AI untuk membantu pelanggan melacak aktivitas kesehatan dan kebugaran mereka.

Baca Juga  Pengembangan Teknologi Autentikasi Wajah Apple

Kecerdasaran buatan di E-Commers memberikan kemudahan dan pengalaman membeli yang lebih baik. Berdasarkan analisa yang dilakukan oleh Gartner, 85% interaksi dengan konsumen akan ditangani oleh teknologi (tanpa manusia) pada tahun 2020. Dan pada akhir tahun 2018, wajah dan suara konsumen akan dikenali oleh digital asistant. Menarik bukan? Jadi siapkan diri Anda untuk memasuki era perkembangan teknologi baru yang lebih canggih. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda,

Bagikan:Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on PinterestShare on Tumblr
Artikel Terkait