Prestasi Membanggakan, SpaceX Luncurkan Roket Daur Ulang Terbaiknya

SpaceX luncurkan roket daur ulang terbaiknya. Siapa sangka bahwa daur ulang bisa dilakukan untuk roket yang kita kenal sebagai salah satu media untuk melalang buana ke angkasa. Jika dahulu kita hanya mengenal bahwa proses daur ulang identik dengan botol, plastik, kaleng dan sebagainya, namun saat ini salah satu perusahaan terkenal dunia sudah mengubah pola pikir tersebut. Karena perusahaan ini membuat roket daur ulang yang tidak lazim. Walaupun tidak lazim, namun roket ini terbukti telah menjadi pembicaraan di kanjah internasional.

Tak Lazim, SpaceX Luncurkan Roket Daur Ulang Terbaiknya

SpaceX yang merupakan salah satu perusahaan yang dimiliki Elon Musc merupakan salah satu perusahaan terbesar yang bergerak dalam bidang informasi luar angkasa. Sudah 15 tahun perusahaan ini merevolusi bagaimana cara seseorang agar bisa mencapai luar angkasa, kini perusahaan ini berhasil kembali meluncurkan sebuah roket jenis orbital. Menurut catatan sejarah perusahaan ini, roket tersebut sudah pernah digunakan untuk meluncurkan muatan yang akan dikirim ke luar angkasa. Yang mana kita tahu luar angkasa sangat minim gaya gravitasi bumi.

Dikutip dari salah satu sumber berita terpercaya dunia yang bernama CNET, nama roket yang diluncurkan tersebut diberinama TheFalcon 9. Roket ini diluncurkan pada hari Sabtu, 1 April 2017 lalu. Karena masih menjadi pembahasan yang hangat inilah, tidak salah apabila banyak situs berita yang menjadikannya sebagai hotnews. Jenis roket ini sendiri telah meluncurkan sebuah satelit jenis komunikasi komersial dengan nomor seri SES-10 yang berasal dari Kennedy Space Center NASA bertempat di Kota Florida, AS pada hari Kamis 30 Maret 2017.

Baca Juga  Perkembangan Teknologi Baterai Smartphone

Sebelumnya, roket jenis orbital komunikasi yang dimiliki oleh SpaceX tersebut telah dipakai sebagai media peluncuran pesawat ruang angkasa dengan nama Dragon. Pesawat ruang angkasa ini sendiri mendapatkan tugas untuk memasuk berbagai jenis perbekalan yang akan dikirim ke International Space Station di bulan April tahun 2016 lalu. Setelah sukses mengantar pesawat Dragon, roket The Falcon 9 berhasil mendarat ke bumi lagi, tepatnya pada bagian tubuh kapal yang bernama “Of Course i Still Love You”, yang saat itu sedang berada di Samudera Altantik. Dan harus Anda tahu bahwa roket The Falcon 9 merupakan satu-satunya roket di bumi yang berhasil kembali dengan selamat, dengan tidak adanya ledakan besar.

Nah, kemudian setelah itu, roket ini diperbaiki, direkondisi ulang serta disiapkan untuk proses peluncuran berikutnya yang dilakukan pada Kamis lalu. Dan, prestasi besar didapat dari The Falcon 9, karena berhasil mendarat lagi ke bumi dengan lokasi pendaratan di pantai Florida. Atau lebih tepatnya berada di tengah-tengah papan pendaratan yang dimiliki oleh kapal Of Course I Still Love You. Memang prestasi ini sangat membanggakan bagi perusahaan SpaceX.Pemilik perusahaan Space X, Elon Musk, mengungkapkan bahwa keberhasilan ini akan menutun mereka untuk melakukan revolusi besar-besaran pada sistem penerbangan menuju luar angkas. SpaceX yang diwakili oleh Musk sendiri mengungkapkan bahwa tujuan utama roket yang telah dipakai tersebut diterbangkan lagi adalah untuk meminimalisir biaya terbang yang nantinya ditanggung oleh perusahaan saat meluncurkan roketnya ke luar angkasa.

Baca Juga  Inilah 5 Kamera Mirrorless Terbaik Dengan Harga Yang Terjangkau

SpaceX luncurkan roket daur ulang sendiri merupakan sebuah prestasi besar yang kedepannya akan lebih ditingkatkan lagi. Dengan prestasi ini sendiri, kemungkinan tujuan SpaceX untuk menerbangkan orang berjumlah satu juta lebih bisa segera terlaksana seiring dengan keberhasilannya dalam meluncurkan The Falcon 9 lagi.

Artikel Terkait