Robotika Dalam Era Teknologi Menjadikan Robot Antarkan Paket

Bagikan:Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on PinterestShare on Tumblr

Robot Antarkan Paket – Keseharian manusia masa kini yang mampu berdampingan kapan saja dengan robot mungkin saat ini memang terdapat pada film fiksi ilmiah atau kartun, namun tidak menutup kemungkinan robot akan bisa beraktivitas di sekitar kita selayaknya manusia lain.

Sejumlah peneliti saat ini sedang menciptakan robot yang nantinya bisa digunakan untuk mengantarkan barang langsung ke tujuannya. Robot yang nantinya juga akan dilengkapi dengan program yang canggih untuk memastikan paket dapat sampai dengan selamat ke tempat yang dituju.

Orang-orang optimis mampu berhasil menciptakan inovasi teknologi robotika terbaru dan melihat robot antarkan paket ke setiap rumah di seluruh dunia.

Beberapa perusahaan kemudian berlomba-lomba untuk mengantarkan paket lebih cepat dengan bantuan mesin. Mereka percaya armada robot otonom kecil bisa segera hadir di sekitar dan akrab di jalur umum, membantu tugas-tugas dan membawakan barang belanjaan.

Industri Dunia Memasuki Era Robot Antarkan Paket dan Pesanan Manusia

Sebuah tim insinyur dari Oregon State University (OSU) meluncurkan sebuah robot berjalan baru yang dinamakan Cassie. Robot tersebut diharapkan dapat mengantar barang ke rumah Anda.

Cassie pun sesungguhnya diproduksi dengan menggunakan bantuan dana hibah sebesar USD 1 juta yang berasal dari DARPA. Dana yang didapat tersebut digunakan untuk membuat sebuah perusahaan robot sendiri yang kemudian terpisah dari universitas, Agility Robotic.

Baca Juga  Pertumbuhan Kecerdasan Buatan di Dunia E-Commerce

Menurut wakil dari Agility, robot yang menggunakan sistem dua kaki ini mampu berjalan seimbang selayaknya seorang manusia. Tak hanya itu, Cassie juga dapat berdiri sendiri saat terguling.

Sedangkan ide di balik produksi robot Cassie ini ialah guna mengembangkan robot yang bisa melakukan pekerjaan pengiriman barang ke rumah-rumah. Isu tersebut selama ini memang kerap menjadi tujuan bagi para pembuat robot.

Sebelum ini, Agility juga sudah pernah memroduksi robot serupa yang diberi nama ATRIAS, yang dirancang oleh beberapa teknisi yang sama di Oregon State University.

Kemampuan dan Kualitas

Kemampuan yang dimiliki oleh robot ini membuatnya sanggup membawa barang yang mempunyai berat setara dua tas belanja dan dapat menyelesaikan pengiriman jarak dekat dalam waktu 5 hingga 30 menit dari toko ritel.

Robot Antarkan Paket

Untuk berjalan di keramaian, setiap robot pengantar barang telah dilengkapi dengan perangkat lunak navigasi dan penghindar dari hambatan. Robot ini memiliki sistem kontrol yang secara keseluruhan atau setidaknya mencapai 99% mampu bergerak dan mengoperasikan kendali secara mandiri.

Ketika sebuah paket sudah siap dikirimkan menggunakan dengan robot ini, pengguna juga dapat melacak keberadaan robot ini saat mengantarkan paket menggunakan aplikasi di smartphone. Sebab, ketika tiba di alamat tujuan, pelanggan dapat menggunakan ponsel pintar masing-masing untuk membuka dan mengambil barang mereka masing-masing. Dengan begitu, kabar kurang baik tentang keamanan kargo yang dibawa oleh robot masih bisa dicuri kapan saja, bisa terselesaikan dengan adanya fitur keamanan built-in yang mereka buat pada robot pengantar ini. Menjadikan barang pesanan orang-orang bisa tetap aman sampai pada tujuan. Kemudian, robot ini juga mempunyai 9 kamera yang terhubung langsung ke jaringan internet, dan sudah dilengkapi pula dengan kehadiran GPS untuk memantau lokasi di mana ia sedang berada.

Baca Juga  Toyota Kembangkan Robot untuk Lansia

Selain itu, fitur loud speaker dan mikrofon pun melengkapi robot ini. Memosisikan operator yang mengawasi perjalanan robot ini agar bisa berkomunikasi dengan orang yang berada di robot itu ketika ada suatu pemasalahan.

Bagikan:Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on PinterestShare on Tumblr
Artikel Terkait