Solusi Bagaimana Cara Menyikapi Berita Hoax

Bagikan:Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on PinterestShare on Tumblr

Cara menyikapi berita hoaxTeknologi membuat segala hal bisa disampaikan dengan cepat ke berbagai pihak dimanapun mereka berada. Bahayanya adalah ketika berita yang disampaikan tersebut adalah berita hoax, tentunya hal tersebut bisa membuat kegaduhan ditengah masyarakat. Ambil saja contoh beberapa bulan yang lalu ketika lini massa twitter dipenuhi dengan pengguna yang menyuarakan #SaveTwitter karena dikabarkan perusahaan tersebut akan segera menutup layanannya di tahun 2017. Sontak saja para pengguna Twitter yang lebih dari 300 juta orang dari berbagai negara gaduh dan menolak keputusan dari perusahaan tersebut.  Kemudian tidak perlu waktu lama, beberapa portal berita online mulai meralat tagar tersebut dan menyatakan bahwa berita tersebut adalah hoax. Dari hal ini kita bisa ambil kesimpulan bahwa kecepatan penyebaran berita di media sosial memang tak bisa disepelekan.

Anda sendiri mungkin pernah mendapatkan pesan singkat  mengenai hal-hal yang sepertinya penting dan kemudian menjadi viral bukan? Hampir setiap hari kita berinteraksi dengan teman menggunakan sambungan internet. Di dunia maya, apa saja bisa terjadi. Semua informasi dan disampaikan dengan kecepatan yang tinggi. Sebuah informasi bisa saja berawal dari satu orang yang kemudian disebarkan kepada orang lain dan jumlahnya lebih banyak. Hal-hal inilah yang menjadi sebab muasal mengapa berita hoax mudah tersebar di berbagai lini media sosial.

Baca Juga  Pertumbuhan Kecerdasan Buatan di Dunia E-Commerce

Cara Menyikapi Berita Hoax

Menyikapi berita hoax adalah susah-susah gampang. Perlu kebijaksanaan dan kedewasaan penggunanya untuk dapat menyikapi berita hoax. Hal-hal yang bisa kita lakukan untuk menyikapi hal ini antara lain :

Cara Menyikapi Berita Hoax

  1. Jangan asal sebar

Ketika sebuah pesan singkat mendarat di smartphone Anda, usahakan jangan langsung menyebarkannya walau isinya mungkin mengkhawatirkan atau menggiurkan. Ingat bahwa tidak semua hal yang kita baca di dunia maya adalah skebenaran. Jika Anda menyebarkan informasi yang salah, berarti Anda baru saja meneruskan berita hoax kepada orang lain dan membuat mereka  tertipu.

  1. Mengecek kembali gambar yang didapat

Jika sesuatu yang disebarkan berupa gambar,  sebaiknya ceklah kebenaran gambar tersebut di Google image. Google Image yang kini punya fitur pencarian gambar serupa, bisa membuat kita tahu  gambar itu sebenarnya tentang kejadian apa.

  1. Menanyakan kebenaran lebih lanjut

Jika Anda memiliki waktu, Anda bisa cross check kabar tersebut kepada pihak yang berkepentingan di bidangnya. Misalnya jika Anda menerima iklan mengenai beasiswa yang tersebar di berbagai group tapi tak bisa dinyatakan kebenarannya, Anda bisa menelepon ke kampus penerima beasiswa, atau ke sponsor penyelenggara beasiswa tersebut.

  1. Teliti dalam membaca informasi

Poin terakhir ini  juga tak kalah pentingnya. Salah satu hal yang bisa Anda lakukan untuk mengecek validitas sebuah info adalah dengan teliti membaca info yang disebar tersebut.

Baca Juga  Ciri Ciri Berita Hoax

Ciri-ciri Berita Hoax

Berita hoax yang tersebar diberbagai lini masa umumnya memiliki beberapa kesamaan. Kesamaan itu antara lain :

  1. Tidak jelas dari mana asalnya.
  2. Berita atau informasi biasanya ramai diperbincangkan
  3. Tidak ada sumber referensi yang jelas keabsahannya
  4. Biasanya menggunakan kalimat persuasif dan provokasi agar orang tertarik untuk menyebarkan

Cara menyikapi berita hoax mudah-mudah gampang. Sebagai pengguna internet jangan baik, janganlah cepat mengambil keputusan untuk menyebarkan sesuatu yang belum kita ketahui  kebenarannya. Karena dengan menjadi lebih cermat dan teliti, kita sudah menyelamatkan teman atau kenalan kita agar tidak tertipu oleh berita palsu.

Bagikan:Share on FacebookShare on Google+Tweet about this on TwitterShare on LinkedInPin on PinterestShare on Tumblr
Artikel Terkait